Kamis, 20 Desember 2012

Cara Membuat bootable pada flashdisk untuk win7


Bagaimana cara membuat windows bootable flash disk? Demikianlah tugas yang akan kita kerjakan kali ini. Pada beberapa artikel sebelumnya, saya telah menulis artikel Apa Dan Mengapa Install Ulang Sistem Operasi Windows.Artikel ini ada kaitannya dengan artike ltersebut.Jika suatu waktu Anda harus menginstall ulang windows, maka selain CD installer Anda juga bisa menggunakan Flash disk sebagai bootable windows. Oleh karena itu kita harus membuatnya lebih dahulu.
Memiliki flash disk bootable sangat penting, terutama jika Anda adalah pengguna Netbook yang tidak mempunyai CD ROM internal. Menggunakan USB bootable untuk menginstal sistem operasi (OS) tidak hanya membuat instalasi lebih cepat, tetapi juga dapat menyimpan file instalasi yang sangatbesar yang biasanya disimpan dalam DVD.Membuat atau menggunakan USB drive untuk menginstal sistem operasi Windows sangat mudah jika Anda mengikuti langkah-langkah yang disebutkan di bawahini.
  1. Masukkan flash disk dengan minimal space 4GB yang masih kosong karena akan dijadikan bootable flash disk.
  2. Buka Command Prompt dengan cara klik [Start] danketik [CMD] dalam kotak search lalu tekan [Enter]. Alternative lain adalah melalui ; Start >All programs>Accessories>klik kanan pada Command Prompt dan pilih [run as administrator].
  3. Ketika Command Prompt terbuka, masukkan command/ perintah berikut: DISKPART laluklik [Enter], LIST DISK laluklik [Enter]. Setelah Anda masukkan perintah LIST DISK, ia akan menampilkan nomor disk USB drive Anda.
  4. Dalam langkah ini Anda harus memasukkan semua perintah di bawah ini satu per satu lalu tekan enter.
  5. SELECT DISK 1 lalu klik [Enter], (nomor 1 adalah sesuai nomor flash disk Anda seperti pada gambar diatas )
  6. CLEAN lalu klik [Enter],
  7. CREATE PARTITION PRIMARY laluklik [Enter],
  8. SELECT PARTITION 1 laluklik [Enter],
  9. ACTIVE laluklik [Enter],
  10. FORMAT FS=NTFS laluklik [Enter], (mohonsabarkarena proses format akan memakan waktu beberapa puluh menit baru Anda ketik perintah selanjutnya)
  11. ASSIGN laluklik [Enter],
  12. EXIT laluklik [Enter], (Jangan tutup command prompt sebelum seluruh proses selesai).
  13. Masukkan DVD Windows Andadalam drive optikdancatathuruf drive dari drive optikdan media flash disk. Di sinisayagunakan “D” sebagaihurufkode drive DVD danhuruf “H” sebagaihuruf drive flash disk.
  14. Kembalike command prompt danjalankanperintahberikut; D:CD BOOT lalutekan [Enter], dimana “D” adalahhurufkode DVD drive.
  15. CD BOOT dantekan [Enter] laluperhatikanakanmunculsuatujendelapesan yang kira-kira  sepertiberikut; BOOTSECT.EXE/NT60 H: (dimana “H” adalahhurufkode flash disk drive)
  16. SekarangSalinisi DVD Windows ke USB.
Denganselesainyalangkah copy pada point 17 diatasmaka proses pembuatan flash disk bootable selesai. Andasekarangdapatmenggunakan flash disk inisebagai bootable USB padasetiapkomputer yang dilengkapidenganfitur boot from USB (sebagianbesar motherboard saatinimendukungfiturini).
Catatan; panduaninihanyapadaWindows 7dan Vista, tidakakanbekerjapadakomputer windows XP jadicaranya lain lagi. Sayasarankanbacadenganseksamapetunjukdiatassebelumandamulaimembuatnya.






















1 komentar: